#1 Your Trusted Business Partner

Cara Menggunakan Aplikasi Si Apik, Gratis Selamanya dari Bank Indonesia

Dwi Wahyudi

Aplikasi Si Apik dari Bank Indonesia untuk UMKM
Image by bi.go.id

Apakah Anda seorang pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ingin meningkatkan kinerja bisnis Anda? Apakah Anda mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan usaha Anda secara akurat dan tepat waktu?

Apakah Anda membutuhkan aplikasi akuntansi yang mudah digunakan, terintegrasi, dan sesuai dengan standar akuntansi Indonesia? Jika jawaban Anda adalah ya, maka Anda perlu belajar mengenai cara menggunakan aplikasi Si Apik dari Bank Indonesia.

Aplikasi Pencatatan Keuangan Si Apik

Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi pencatatan keuangan UKM yang dikembangkan oleh Bank Indonesia bekerja sama dengan Asosiasi Akuntan Publik Indonesia (IAPI) dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO).

Aplikasi ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan akuntansi UMKM di Indonesia, dengan fitur-fitur yang lengkap, mudah digunakan, dan gratis.

Aplikasi akuntansi UMKM Si Apik adalah sebuah aplikasi berbasis web yang dapat diakses melalui browser di komputer, laptop, atau smartphone Anda.

Aplikasi Pencatatan Keuangan Si Apik dapat membantu Anda melakukan pencatatan keuangan usaha Anda secara online, tanpa perlu menginstal software apapun.

Aplikasi ini juga dapat menghasilkan laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi Indonesia, seperti neraca, laba rugi, arus kas, dan lain-lain.

Aplikasi Pencatatan Keuangan Si Apik memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Gratis. Anda tidak perlu membayar biaya apapun untuk menggunakan aplikasi ini. Anda hanya perlu mendaftar dengan menggunakan email dan nomor telepon Anda.
  • Mudah digunakan. Anda tidak perlu memiliki pengetahuan akuntansi yang mendalam untuk menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dan intuitif, serta panduan penggunaan yang lengkap dan mudah dipahami.
  • Terintegrasi. Anda dapat menghubungkan aplikasi ini dengan rekening bank Anda, sehingga Anda dapat melakukan transaksi keuangan secara langsung dari aplikasi ini. Anda juga dapat mengimpor dan mengekspor data keuangan Anda dari dan ke aplikasi lain, seperti Excel, Word, PDF, dan lain-lain.
  • Sesuai dengan standar akuntansi Indonesia. Aplikasi ini mengikuti standar akuntansi yang berlaku di Indonesia, seperti PSAK, SAK ETAP, dan SAK EMKM. Aplikasi ini juga dapat menghasilkan laporan keuangan yang sesuai dengan ketentuan perpajakan di Indonesia, seperti SPT, PPh, dan PPN.
Baca Juga:  Melihat Perkembangan Fintech di Indonesia dalam Satu Dasawarsa

Cara Menggunakan Aplikasi Si Apik

Untuk menggunakan Aplikasi Pencatatan Keuangan Si Apik dari Bank Indonesia, Anda perlu melakukan beberapa langkah berikut:

  • Kunjungi situs web Aplikasi Pencatatan Keuangan Si Apik dari Bank Indonesia
  • Daftarkan diri Anda dengan mengisi formulir pendaftaran yang tersedia. Anda perlu memasukkan email, nomor telepon, nama usaha, jenis usaha, dan lokasi usaha Anda.
  • Verifikasi akun Anda dengan mengklik link yang dikirimkan ke email Anda.
  • Login ke aplikasi ini dengan menggunakan email dan kata sandi yang Anda buat saat mendaftar.
  • Mulai melakukan pencatatan keuangan usaha Anda dengan mengisi data transaksi, seperti penjualan, pembelian, biaya, piutang, hutang, dan lain-lain.
  • Lihat laporan keuangan usaha Anda dengan mengklik menu laporan. Anda dapat memilih jenis laporan yang Anda inginkan, seperti neraca, laba rugi, arus kas, dan lain-lain. Anda juga dapat mengatur periode laporan yang Anda inginkan, seperti bulanan, triwulanan, tahunan, dan lain-lain.
  • Cetak atau unduh laporan keuangan usaha Anda dengan mengklik tombol cetak atau unduh yang tersedia di setiap laporan. Anda dapat memilih format laporan yang Anda inginkan, seperti Excel, Word, PDF, dan lain-lain.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Si Apik

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi UMKM Si Apik, Anda dapat menikmati beberapa manfaat, antara lain:

Meningkatkan Kinerja Bisnis Anda

Dengan melakukan pencatatan keuangan usaha Anda secara online, Anda dapat menghemat waktu, tenaga, dan biaya yang biasanya Anda keluarkan untuk mengurus buku kas, nota, faktur, dan lain-lain.

Anda juga dapat mengontrol keuangan usaha Anda secara lebih efektif dan efisien, sehingga Anda dapat mengambil keputusan bisnis yang tepat dan strategis.

Memudahkan Akses ke Perbankan dan Pembiayaan

Dengan menggunakan Aplikasi Pencatatan Keuangan Si Apik, Anda dapat menghubungkan rekening bank Anda dengan aplikasi ini, sehingga Anda dapat melakukan transaksi keuangan secara langsung dari aplikasi ini.

Anda juga dapat memperoleh informasi tentang produk dan layanan perbankan yang sesuai dengan kebutuhan usaha Anda, seperti tabungan, deposito, kredit, dan lain-lain.

Baca Juga:  Cara Menghitung HPP Produksi Bakso Menggunakan Zahir Accounting

Selain itu, Anda juga dapat meningkatkan kredibilitas usaha Anda di mata perbankan dan lembaga pembiayaan lainnya, sehingga Anda dapat memperoleh akses ke pembiayaan yang lebih mudah dan murah.

Memenuhi Kewajiban Perpajakan Anda

Dengan menggunakan Aplikasi Pencatatan Keuangan Si Apik, Anda dapat menghasilkan laporan keuangan yang sesuai dengan ketentuan perpajakan di Indonesia, seperti SPT, PPh, dan PPN.

Anda juga dapat menghitung dan membayar pajak usaha Anda secara online, tanpa perlu mengunjungi kantor pajak. Dengan demikian, Anda dapat memenuhi kewajiban perpajakan Anda secara lebih mudah dan cepat, serta menghindari sanksi dan denda yang mungkin timbul.

Cara Mendapatkan Bantuan dan Dukungan

Jika Anda mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan seputar penggunaan Aplikasi Pencatatan Keuangan Si Apik, Anda dapat mendapatkan bantuan dan dukungan dari beberapa sumber berikut:

  • FAQ. Anda dapat mengunjungi halaman FAQ yang tersedia di situs web aplikasi ini. Di sana, Anda dapat menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna aplikasi ini, seperti cara mendaftar, cara login, cara mengisi data transaksi, cara melihat laporan keuangan, dan lain-lain.
  • Video tutorial. Anda dapat menonton video tutorial yang tersedia di situs web aplikasi ini. Di sana, Anda dapat melihat langkah-langkah penggunaan aplikasi ini secara visual dan interaktif, sehingga Anda dapat memahami dan mengikuti prosesnya dengan lebih mudah.
  • Bantuan online. Anda dapat menghubungi tim bantuan online yang tersedia di situs web aplikasi ini. Anda dapat mengirimkan pertanyaan, keluhan, saran, atau masukan Anda melalui formulir kontak yang tersedia. Anda juga dapat menghubungi tim bantuan online melalui email, telepon, atau media sosial yang tercantum di situs web aplikasi ini.
  • Bantuan offline. Anda dapat menghubungi mitra kerja aplikasi ini, seperti IAPI, APINDO, atau kantor Bank Indonesia terdekat. Anda dapat berkonsultasi atau meminta bantuan langsung dari para ahli akuntansi, pengusaha, atau petugas bank yang terkait dengan aplikasi ini.

Perhatikan Saat Menggunakan Aplikasi Si Apik

Saat menggunakan Aplikasi Pencatatan Keuangan Si Apik, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, antara lain:

  • Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan aman saat mengakses aplikasi ini. Jika koneksi internet Anda terputus atau bermasalah, Anda mungkin tidak dapat mengakses atau menyimpan data keuangan Anda dengan baik.
  • Pastikan Anda memasukkan data transaksi usaha Anda secara lengkap, akurat, dan terbaru. Jika data transaksi Anda tidak valid atau tidak sesuai dengan kondisi usaha Anda yang sebenarnya, maka laporan keuangan yang dihasilkan oleh aplikasi ini juga tidak akan akurat dan dapat menimbulkan masalah di kemudian hari.
  • Pastikan Anda menjaga kerahasiaan dan keamanan akun Anda. Jangan memberitahukan email, kata sandi, atau informasi pribadi Anda kepada orang lain. Jika Anda merasa akun Anda telah diretas atau disalahgunakan oleh pihak yang tidak berwenang, segera hubungi tim bantuan online atau mitra kerja aplikasi ini.
  • Pastikan Anda mematuhi aturan dan ketentuan yang berlaku saat menggunakan aplikasi ini. Jangan menggunakan aplikasi ini untuk tujuan yang melanggar hukum, etika, atau norma sosial. Jangan melakukan manipulasi, penipuan, atau pelanggaran lainnya terhadap data keuangan usaha Anda atau pihak lain. Jika Anda melanggar aturan dan ketentuan yang berlaku, Anda dapat dikenakan sanksi hukum atau administratif oleh pihak yang berwenang.
Baca Juga:  6 Manfaat Menggunakan Program Akuntansi untuk UMKM

Harapan Penggunaan Aplikasi Si Apik?

Aplikasi Pencatatan Keuangan Si Apik adalah sebuah inovasi yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para pelaku UMKM di Indonesia.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat meningkatkan kinerja bisnis Anda, memudahkan akses ke perbankan dan pembiayaan, dan memenuhi kewajiban perpajakan Anda dengan lebih mudah dan cepat.

Aplikasi ini juga diharapkan dapat meningkatkan literasi dan inklusi keuangan bagi para pelaku UMKM, serta mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Namun, aplikasi ini bukanlah sebuah solusi yang sempurna dan tanpa kendala. Aplikasi ini masih membutuhkan dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak, seperti pemerintah, perbankan, lembaga pembiayaan, asosiasi usaha, akademisi, media, dan masyarakat.

Aplikasi ini juga masih membutuhkan pengembangan dan perbaikan secara berkelanjutan, agar dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi, regulasi, dan kebutuhan pasar.

Penutup

Aplikasi akuntansi UMKM Si Apik dari Bank Indonesia adalah sebuah aplikasi pencatatan keuangan UKM yang gratis, mudah digunakan, terintegrasi, dan sesuai dengan standar akuntansi Indonesia.

Aplikasi ini dapat membantu Anda melakukan pencatatan keuangan usaha Anda secara online, menghasilkan laporan keuangan yang akurat, meningkatkan kinerja bisnis Anda, memudahkan akses ke perbankan dan pembiayaan, dan memenuhi kewajiban perpajakan Anda.

Aplikasi ini juga diharapkan dapat meningkatkan literasi dan inklusi keuangan bagi para pelaku UMKM Kalimantan Barat, serta mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Jadi, tunggu apalagi? Segera daftarkan diri Anda dan nikmati manfaat dari aplikasi akuntansi UMKM Si Apik dari Bank Indonesia. (DW)

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment

Butuh Jasa Layanan Kami? Hubungi Kami untuk Mendapatkan Informasi Lengkap